Kisah Inspirasi : Kedermawanan Abdullah Bin Mubarak

Kedermawanan Abdullah Bin Mubarak Yang Dirahasiakan

                Dari Muhammad bin Isa, ia bercerita : Abdullah bin Mubarak biasa pulang pergi ke Tharsus. Beliau biasa singgah di penginapan di daerah Khan. Ada seorang pemuda yang bolak-balik mengurus dan memenuhi kebutuhan-kebutuhan beliau, serta mendengarkan hadits dari beliau. Pada suatu hari, Abdullah kembali mendatangi penginapan itu, tapi ia tidak melihat sang pemuda. Karena tergesa-gesa, maka beliau bergegas ikut berperang bersama kaum muslimin.


Kisah Inspirasi : Kedermawanan Abdullah Bin Mubarak


Usai berperang, beliau kembali ke penginapan sembari menanyakan pemuda itu. Orang-orang menjawab, “Ia ditahan karena memiliki tanggungan hutang yang belum dibayar.”
                Beliau kembali bertanya, “Berapa jumlah hutangnya?” Mereka menjawab, “Sepuluh ribu dirham.”

Beliau terus menyelidik hingga tahu siapa pemilik piutang itu. Maka beliau pun memanggilnya pada malam hari, dan menimbangkan sepuluh ribu dirham untuknya. Tetapi, beliau meminta janji kepada lelaki itu untuk tidak memberitahukan kepada seorang pun selama beliau masih hidup. Beliau juga berpesan, “Jika sudah masuk waktu pagi, keluarkan pemuda itu dari tahanan.”

                Abdullah segera pergi, dan pemuda itu pun dibebaskan dari tahanan. Orang-orang pun berkata, “Kemarin Abdullah bin Mubarak disini dan menanyakan kabarmu, tetapi sekarang dia sudah pergi.”
                Pemuda itu pun pergi menyusuri jejak beliau, hingga ia berhasil menyusulnya setelah menempuh dua atau tida marhalah ( 1 Marhalah = Sekitar 12 mil ) dari penginapan. Beliau bertanya,”Wahai pemuda dari mana saja kamu? Aku tidak melihatmu di Khan.”

                Pemuda itu menjawab, “Beliau wahai Abdullah, aku ditahan karena hutang.” Beliau bertanya lagi, bagaimana ceritanya kamu bisa bebas?”

Pemuda itu menjawab, “Ada seorang lelaku yang datang melunasi hutangku. Tetapi, hingga dibebaskan sekalipun aku tidak tahu siapa dia.”

Beliau berkata, “Wahai pemuda, pujilah Allah yang telah memberikan taufik kepadamu sehingga hutangmu terlunasi.”

Si Pemilik piutang tidak pernah menceritakan hal ini kepada siapa pun hingga Abdullah meninggal Dunia.

Dari Abu Ja’far Al-Haddza’, Aku mendengar Ibnu Uyainah mengatakan, “Apabila batin seseorang sesuai dengan lahirnya, maka itu adalah keadilan. Apabila batinnya lebih baik dari pada lahirnya, maka itu adalah keutamaan. Dan Apabila lahirnya lebih baik dari pada batinnya, maka itu adalah keculasan.” 
Dari Abdullaj bin Mubarak, Hamdun bin Ahmad pernah ditanya, “Mengapa perkataan para salaf lebih bermanfaat daripada ucapan kita?” Lalu ia menjawab, “Karena mereka berbicara untuk kemuliaan Islam, keselamatan jiwa, dan ridha Ar-Rahman, sementara kita berbicara untuk kemuliaan jiwa, mencari dunia dan ridha manusia.


0 Response to "Kisah Inspirasi : Kedermawanan Abdullah Bin Mubarak"

Post a Comment