Kenapa Website PUPNS Sulit Diakses

Kenapa Website PUPNS Sulit Diakses.

Tanggal 1 September - 31 Desember 2015 adalah waktu Pendataan Ulang bagi Pegawai Negeri Sipil, Pendataan ulang secara masal seluruh Pegawai Negeri Sipil terakhir dilakukan pada Tahun 2003. Pada tahun ini Pemerintah melaksanakan pendataan ulang secara elektronik, Dasar Pelaksanan adalah :
  1. Undang-undang Nomor 5 Tahun 2014 Tentang Aparatur Sipil Negara
  2. Perka BKN Nomor 19 Tahun 2015 Tanggal 22 Mei 2015 Tentang Pedoman Pelaksanaan Pendataan Ulang PNS Secara Elektronik Tahun 2015.

Saat ini sudah hampir setengah bulan, namun dalam pelaksanaan proses registerasi dan pengisian data terjadi Ketidaknyamanan bagi Pegawai Negeri Sipil yang melakukan registerasi. Kenapa? Kenapa eh Kenapa....he..he... Lebay...
Kenapa Website PUPNS Sulit Diakses

Berdasarkan pengalaman dan kejadian yang dialami saya sendiri dan teman-teman kendala selama ini antara lain :
  1. Akses website https://epupns.bkn.go.id/ lambat, malah kadang tidak bisa dibuka
  2. Bagi yang sudah bisa membuka, setelah proses Registerasi berhasil, mau Cetak Nomor Registerasi Tidak Bisa, Muter........muter..... Super loading dan gagal. 
  3. Ketika sudah "Login" dengan nomor Registerasi dan Kata Kunci yang sudah dibuat, ketika proses memasukkan data baru, atau ubah data yang ada mengalami "loading" lambat lagi, sehingga kadang gagal, tapi lumayan dapat berapapun pembaharuan data kepegawaian bisa tersimpan, dan di lain waktu bisa dilanjutkan.
  4. Kendali Teknis Data Otomatis Tidak Ada, Misalnya Nama Sekolah, Nama Universitas dll. ( Akan dibahas artikel selanjutnya )
Kenapa sih bisa terjadi demikian ????
Sebagaimana telah di informasikan jauh-jauh dari bahwa Pendataan Ulang PNS Tahun 2015 ini dilakukan secara elektronik atau online, artinya dengan memanfaatkan teknologi internet, dengan harapan para PNS bisa lebih mandiri dan cepat dalam melakukan pembaharuan data. Sayangnya, sistem pendataan ulang kali ini Maaf kami katakan dengan berat hati, "Kurang Persiapkan" dengan baik khususnya dalam hal pengadaan infrastrukturnya / Server data, kalau websitenya sudah lumayan bagus, full responsif design, namun kami mengamati selama proses berjalan kelihatanya website ada perbaikan-perbaikan yang dilaksanakan.
Berikut ini kami coba untuk memberikan informasi dari hasil pengalaman dan riset yang kami lakukan selama mengakses dan melakukan pembaharuan data di website epupns.bkn.go.id, Informasi yang kami berikan hanya hasil dari pengamatan kami, bukan informasi resmi dari pihak BKN atau BKD.

  1. Web Server Sibuk
    Tidak tahu dimanakah server dari Aplikasi epupns ini, apakah punya sendiri ataukah sewa, kalau sewa, sewanya yang seperti apa? apakah seperti website revolusimental.go.id itu???? ah ga mau tahu, yang jelas Aplikasi epupns untuk registrasi PUPNS ini diakses oleh seluruh PNS di Indonesia, tak heran jika server website PUPNS sulit untuk diakses. Sehingga menyebabkan server sibuk atau bahkan kehabisan bandwith yang berakibat website sulit diakses. Indikasinya adalah hanya loading saja, atau muncul pesan error ketika membuka halaman registrasi, login, bahkan tidak bisa dibuka sama sekali dan lainnya.
  2. Jaringan Internet Anda Lambat
    Cek dulu jaringan internet yang Anda gunakan. Bisa saja masalah tidak bisa akses website PUPNS diakibatkan jaringan internet yang Anda gunakan lambat atau lemot. Jika Anda mengakses menggunakan laptop dan modem pribadi, cek dulu apakah mendapatkan sinyal yang bagus. Dan cek indikator kecepatannya. Jika menggunakan jaringan internet publik, seperti di kantor, sekolah atau warnet, tanyakan kepada penyedia jaringan internet apakah sedang trouble atau tidak.
  3. Salah Alamat Website
    Kedua alasan di atas adalah dari sisi kendala teknis, namun tidak menutup kemungkinan juga sulitnya akses Website PUPNS juga diakibatkan oleh Human Error. Bisa jadi Anda salah mengetik alamat website PUPNS di browser. Cek kembali apakah alamat website sudah sesuai atau belum. Websitenya adalah http://pupns.bkn.go.id / https://epupns.bkn.go.id/login
Solusinya bagaimana ?
Yang paling penting ketika Anda menghadapi masalah seperti itu atau kendala seperti itu atau error lainnya, tetaplah untuk tenang dan jangan panik. Biasanya bagi PNS yang tidak begitu fasih menguasai komputer dan internet, akan mudah panik ketika mendapatkan error atau kendala yang kecil sekalipun.

Solusi yang bisa Anda Coba dan sudah kami Coba sendiri adalah :
  1. Jangan mengakses pada jam-jam sibuk. Karena dijam-jam sibuk tentu akan banyak yang mengakses website tersebut. Disarankan untuk mengakses pada pagi atau dini hari maksimal jam 07.00 Pagi, setelah itu mungkin sudah mulai muter-muter, aktivitas sudah mulai padat. 
  2. Berdasarkan Pengalaman dan info dari teman-teman dari awal pendataan ini, ternyata kalau Hari Minggu Lancar, Saat artikel ini dibuat (Minggu, 13 September 2015) Kondisi epupns sangat lancar sekali. Bisa dicoba
  3. Jika Internet Anda lambat, cobalah pakai modem yang bagus, memiliki Kecepatan bagus min. 3.5 G - 7,2 Mbps atau HSDPA, atau Jika karena Paket data internet Anda, gantilah dengan yang lebih baik, terutama cari yang mempunyai sinyal yang bagus.
Demikian informasi yang bisa kami berikan saat ini, semoga bisa bermanfaat. Amiin.

0 Response to "Kenapa Website PUPNS Sulit Diakses"

Post a Comment