Cara Mudah Root Android Tanpa Komputer

Sobat Jumper yang Ane banggakan. he..he.. kali ini Ane mau share nih pengalaman ane Root Android HP Smartfren Andromax C ku dan Tabletku. he..he...

Ketika blum punya Android, Teman2 bercerita tentang android yang sdah di Root, katanya luar biasa, bisa ini, bisa itu, bisa lebih ini, lebih itu. wah ane sih cuma dengarin aj, terus ya sambil ngebayang dan bertanya-tanya Apa itu sih nge-Root Android, artine apa? Saat dengar istilah root itu ya, ane mikir apa itu "Root seperti yang di Linux itu ya". Klo dengan dari cerita teman itu ya pasti sama lah ane simpulka sendiri dalam hati, kalo di Linux kan Root itu adalah User yang mempunyai Hak Paling tinggi, Full Akses ( Super User ). Artinya dengan masuk / login sebagai Root Kite semue ( Sok gaya Betawi deh ) bisa punya tuh full akses. Ya sama kalo kite udah nge-Root tuh si Andro, artine kite bisa ubek-ubek tuh sistem android. Bisa apa saja kira-kira gan??? Banyak gan diantaranya, kite bisa tuh hapus aplikasi-aplikasi bawaan si Android dari Vendor, bisa mindah tuh aplikasi bawaan dari Memori iternal ke Memori eksternal, bisa jadiin tuh si andro lebih irit batre, tentunya dengan aplikasi yg memerlukan root dalam instalansinya

Nah kembali ke Laptoooop..! he..he.. kembali ke cerita ane. Ketika Ane beli tuh Tablet Advance setahun yang lalu, tanpa pikir panjang, tanpa pikir Garansi hilang dsb, langsung deh ane root tuh si android advane ane. Saat itu sih ane pake Komputer nge-root nya. Al Hasil Sukses deh, dan selanjutnya ane coba-coba deh apa sih istimewanya Android yang sudah di root. he..he..

Ane lupe pertama kali dulu root android ane pake apa, tapi ya dlu tuh agak ribet gan carane. Nah kemudian pernah juga Ane nge-root Android Andromac C ane ( Jelly Bean ), tapi kali ini sangat mudah sekali nih carane. 

Wah, Pengalaman Keren ane nge-root pake ini. Saat itu ane bingung, Andromax ane yang baru beberapa bulan ( masih masa garansi ) terjadi eror, ga tau tuh apa yang terjadi, Sound juga hampir ga bunyi. Terjadi deh kebingungan dan langsung aja ane bawa ke Gallery Smarfren, Nah ane Lupa Smarfren Ane kan udah ane root. Pas di nunggu antri ane langsung tuh mikir, dalam hati " Duh Kepriben Kiye yah, Andromax uwis ta root, aduh...aduh...garansi ilang kiye tah." he...he.. keluar tuh bahasa asline.

Untung saja ane nge-root nya pake Framaroot, Langsung deh ane buka framaroot, ane anroot. truss ane buang tuh si framaroot.he..he... bener juga tuh pas ngadep si CS, Ane ditanya-tanya, udah pernah di root belum nih ? karena ane jujur, ane jwb aja udah, tapi temen yang nge-root dan ane ga tau tuh maksud nge-root apa." he..he...
Akhirnya ya si CS bilang, ya udah ini pokoknya dicoba dlu, nanti kalo ada apa-apa biasanya dari service nya yang memberi keputusan apakah pernah di root apa ga, dan dapat garansinya ga?" wah....

akhir cerita, bisa dah dan garansi . . . . . 

Gini nih cara nge-root pake framaroot
  1. Download dulu framaroot
  2. Instal dulu framaroot, seperti instal aplikasi lain deh, gampang caranya
  3. Jalanin tuh si Framaroot
  4. Pilih antara Superuser/SuperSU
  5. Klik Aragorn/Gandalf
Cara Mudah Root Android Tanpa Komputer

Setelah melakukan langkah tersebut diatas, Tunggu sampai muncul tulisan "Superuser and su binary installed. You have to reboot your device". Artinya, perangkat Anda sudah di-root dan Anda harus me-restart perangkat. Framaroot juga dapat melakukan proses unroot. Caranya juga sama seperti saat ingin melakukan root.
Bedanya, Anda bukan memilih antara Superuser/SuperSU, melainkan pilihan unroot.

Cara Mudah Root Android Tanpa Komputer


Semoga Bermanfaat...!!!


3 Responses to "Cara Mudah Root Android Tanpa Komputer"

  1. jangan-jangan hilang suaranya akibat framaroot itu mas sus?

    ReplyDelete
  2. gan HH ane hbis install Framaroot lalu pencet grandaf, kok ngak kluar SuperSU di menu
    Mohon Pencerahan

    ReplyDelete